Pages

Monday, March 3, 2014

PENYEBAB RUSAKNYA HARDISK (BAD SECTOR)


Bagi Adik adik yang masih belum mengerti tentang kerusakan Hardisk, Bad sector dan penyebabnya maka disini saya akan sedikit menjelaskannya secara singkat.

    Harddisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah computer/notebook. Dimana seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.Dalam harddisk, terdapat berbagai macam ruangruang kecil (direktori, folder, subdirektori, subfolder), yang masing-masing dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Di situlah data-data diletakkan.

Pengertian Bad Sector adalah suatu keadaan dimana satu sektor dalam harddisk atau removable disk mengalami kerusakan sehingga tidak bisa lagi digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Bad sector ada 2 jenis yaitu Bad Sector Software  (masih diperbaiki )dan Bad Fisik Permanen.

Penyebab Bad Sector hard disk antaralain :
  1. Melemahnya magnetik dari piringan harddisk dan kesalahan mekanis. Kemungkinan, daerah magnetik sehingga  tidak mampu untuk menyimpan data.
  2. Akibat dari guncangan atau getaran, dimana saat mengoperasikan komputer/notebook, sehingga menyebabkan head akan menggesek piringan dari harddisk sehingga menyebabkan goresan pada piringan, sehingga terjadi bad sector.
  3. Daya listrik yang menurun secara tiba-tiba saat harddisk  beroperasi, sehingga head akan terhenti mendadak dan bekerja mendadak saat daya listrik naik lagi secara tiba-tiba, dimana head dapat menggesek piringan harddisk, Tegangan yang overload, Penggunaan tegangan yang normal dari power supply yang baik akan memperpanjang usia  harddisk bad sector
  4. Susunan file pada harddisk tidak teratur, sehingga head tidak teratur dalam membaca urutan file yang dibutuhkan sebuah aplikasi, yang lama-kelamaan head dapat menggesek plater dari harddisk dan mengakibatkan bad sector pada harddisk.
  5. Hard disk dengan suhu yang terlalu tinggi akan sulit melakukan proses pembacaan data. Suhu yang tinggi tersebut bisa disebabkan oleh sirkulasi udara dalam cpu/notebook tidak lancar, penggunaan computer/notebook  yang terlalu lama, atau kipas power supply tidak bekerja.
  6. Tidak pernah dipake dipakainya, suhu dalam komputer lembab. Sehingga Ini akan menimbulkan jamur pada piringan hardisk. Banyak terjadi kasus komputer lama tidak terpakai  kemudian ketika dihidupin hardisk tidak terdeteksi.
  7. Banyaknya virus yang menyerang, kerusakan penyebab dari virus tidak hanya merusak data saja, bila dibiarkan virus-virus tersebut dapat merusak sistem operasi akibatnya komputer sering hang dan restart.
  8. Mematikan komputer tidak secara normal melalui tombol Shut down, mematikan komputer langsung mencabut kabel power atau tombol power on-off.
  9. Bad sector tersebut memiliki kecenderungan untuk menyebar dan biasanya tidak dapat diperbaiki. Ketika Bad sector menyebar, dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem ketika file sistem penting lainnya rusak. Data yang rusak ringan masih dapat diperbaiki dengan beberapa software.
  10. Solusi untuk masalah Bad Sector jika disk masih bekerja dengan baik, segera backup data penting untuk menghindari hilangnya data lebih lanjut. Jika sistem merespon kemancetan data saat mengcopy data yang penting itu berarti data ada tersimpan pada lokasi bad sector tersebut dan susah dikembalikan.

Semoga info ini dapat berguna bagi yang belum mengerti dan masih bertanya tanya